Sepenggal kisah anak di jaman 90an dari Parbeokan, Sumatra Utara

Photo : Suryanti Saragih 
"Jangan pernah lupa pokoknya sama kampung halaman,
Tempat terindah di dunia ini ya kampung halaman, Parbeokan Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara."

Malam ini 28 Januari 2016, tiba tiba teringat sama kampung halama, kangen ke sawah atau ke ladang, jaga burung itu paling enak sekalian paling capek sebenarnya, harus bangun subuh, udara dingin, sekitar jam 5 an berangkat ke sawah jalan kaki jauh banget, kadang di jalan lihat supir angkot yang berkelahi karena rebutan penumpang, halo halo (dada dada atau kayak sapa sapa gitu) lihat anak SMP dan SMA yang berangkat sekolah subuh naik angkot, yang cewek duduk pangkuan di dalam, sedangkan cowok harus di atap angkot dan sebagian menggantung di pintu (paling capek itu menggantung), sampe di sawah malas banget kena air subuh dari padi padahal burung udah banyak kali yang datang, biasanya burung datang pas pagi dan sore paling banyak, mungkin itu ja
m makan orang itu kali ya, walaupun siang selalu datang juga, tapi gak serame pagi dan sore, siang itu ibarat mereka mau nongkrong aja kayanya, ada beberapa jenis burung,
yaitu:
1. si lopak
2. si serret
3. si kutik
4. si dao dao (mungkin ada beberapa nama jenis burung lagi atau ada beberapa nama yang salah) dan yang paling licik si serret, paling baik si lopak, dan paling kurang ajar si dao dao (karena selalu datang bergerombol dan langsung habis kali di makan padi itu), kalo siang hari biasanya kami main motor-motoran, atau pergi ke sopo (gubuk) tetangga, mandi di sungai, makanin buah buahan yang di ambil langsung dari pohonnya, dan lain sebagainya....

Hmmm, kalo di suruh marbabo(ngambil rumput yang hidup di sekeliling padi) aku paling malas, gatal soalnya, tapi ya kekmana pun aku tetap ikut marbabo, oh iya kalo padi sudah menguning itu luar biasa rasanya, aku suka kali menyabi padi, dan di sini lah moment tangan sering kali luka atau robek karena kenak sesabi (alat untuk menyabi semacam pisau tajam), tangan ku dulu sering kenak sabi jari manis bagian kiri dan sampai sekarang masih berbekas, dulu aku ingat tangan Kak Erisa Wati juga pernah, trus abang ku si Linggom juga pernah ku lihat (dari sekian banyak aku hanya ingat kali sama kaka dan abang ku ini).
Photo : Membanting padi yang sudah di sabi

Tangan berdarah trus menurut kalian gimana? ke dokter? nggak kok, kita cuman pake ramba-ramba (rumput) ada rumput tertentu di sawah yang biasanya dapat mengeluarkan cairan saat kita gosok gosok di tangan, kemudian cairannya di oleskan ke tangan yang terluka dan di bungkus sekalian dengan ramba-rambanya tadi, kemudian lanjut menyabi lagi. Membanting itu paling malas, dulu aku ingat pernah asal asal ku banting padi itu yang penting cepat berlalu dari ku, gatal kali soalnya (maaf ya mak) hahaha, nyabi pas musim hujan paling nggak enak, soalnya basah, kasihan kadang padinya, bahkan kadang sampe tumbuh gitu, hmmm kami juga para petani serta anggotanya pasti sedih lah, aku sering sembunyi kalo pas membanting, atau sering istirahat alasannya ya karena itu, gatal dan capek.

Oh iya di sawah juga kita sering nemuin ulat, paling sering itu yang warna hitam trus bintik bintik gitu, namanya tagadu (maaf kalau salah, aku lupa), aku paling takut sama ini aaaaa, sering di kasih abang ku untuk nakut nakuti aku, dan aku hanya bisa merengek ke mamak, dungi dimarahi lah abang ku, hahaha...
mandi di sungai, loncat dari pohon, airnya bersihm jernih, manjat pohon, makan durian, makan salak, mangga, jambu, rambutan, kuweni, dll pokoknya banyak kali buah buahan di sawah, hahaha... enak kali kan?

Tapi dulu pernah, sedih banget dan gak tau kenapa masih ingat ini, ya gitu ada orangkaya, trus kami ke sawah nya, pas mangga nya berbuah, aku sama bang Ono waktu itu, bang Ono ini keluarganya, dan aku jaga burung di sawahnya, trus orang ini kasih kami mangga gitu, dia iris trus di suruh ambil, pertama bang ono, kemudian pas irisan bagian ku jatuh karena licin, dan aku minta irisan yang baru, dia malah bilang "ambil itu, itu makan" kemudian aku ambil lalu aku bersihkan dan aku makan hahaha, padahal dulu masih SD kayanya ya, masih kecil banget, kenapa masih ingat sampe sekarang ya?, oh iya sekarang orangnya udah baik soalnya, pas aku balik kampung, yah gitu deh, pas mereka datang ke tempat jualan mamak ku, aku teringat gitu Hahaha :D
so many things happened and still running tobe happened in Parbeokan, I Love that village :')

masa kecil ku yang bahagia, masih adakah anak anak seperti ini sekarang?

Comments

  1. Itu Air terjun dimana kak.? Minggu semalam ke parbeokan juga ke nagori bosar nauli cari air terjun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si Pitu Tikka dek, kalau udah nyampe Parbeokan, tanyak aja sama orang di sana, nanti dijelaskan.

      Delete
  2. Mantap bere...jadi ingat suasana kampung aku bah😁
    Horas
    Derimson sianturi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ISE DO ALE ALETA NASO OLO MUBA I

7 Status Instagram Yang Memotivasi

Aku dan Masa Depan Ku